Anak Alergi Karena Susu Formula

Mungkin ada sebagian dari anak Bunda yang mengalami gejala diare, muntah, kemerah-merahan pada kulit setelah beberapa saat meminum susu formula. Hati-hati Bunda.., bisa jadi itu adalah tanda anak anda sedang mengalami alergi susu formula. Seperti apa gejala persisnya? Simak penjelasan berikut ini.
alergi susu formula
  1. Muntah. Perhatikan dengan baik anak Bunda setelah minum susu formula. Ada anak yang langsung memuntahkannya atau muntah dengan sendirinya. Ada kemungkinan anak Bunda masih belum mampu menelan susu formula, dalam arti kata memang ada beberapa anak yang lambungnya belum kuat diberi susu formula. Alergi susu formula ini kata Dr Aditya Suryansyah, SpA dari RSAB Harapan kita, Slipi-JakBar, dikarenakan anak belum mampu mengkonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi, misalnya: susu sapi, telur atau ikan laut. Solusinya bila anak alergi susu formula misalnya susu formula berbahan dasar susu sapi, dapat diganti susu yang berasal dari kedelai (susu hipo alergi).
  2. Diare. Bagi anak yang mengalami diare setelah meminum susu formula, dimungkinkan anak tersebut saluran pencernaannya belum mampu melakukan metabolisme sempurna terhadap unsur karbohidrat dalam susu. Pada orang dewasa metabolisme yang tidak wajar hal ini terjadi pada usus besar.
  3. Kulit kemerah-merahan. Jika anak bunda mengalami kulit kemerahan atau bahkan muncul bintik-bintiknya setelah mengkonsumsi susu formula, segeralah berkonsultasi ke dokter, agar sakitnya tidak semakin parah, apalagi sampai menyebabkan infeksi kulit.
Lantas bagaimana memberikan susu formula, sementara anak tidak mau minum ASI atau ASI tidak terproduksi dengan baik?
  1. Cobalah memberikan susu formula secara bertahap (mungkin bisa di coba dalam rentang waktu 1-2 hari) dan dalam jumlah yang sedikit, jangan langsung dalam jumlah yang banyak. Jika muncul gejala yang tidak wajar, sebaiknya segera hentikan pemberian susu formula tersebut.
  2. Perhatikan cara penyajiannya. Cara penyajian susu formula yang baik adalah: larutkan susu formula pada air matang (suhu sekitar 70 derajat C- air sebelumnya telah didihkan), pergunakan takaran yang sesuai pada petunjuk, sisa susu yang telah dilarutkan tadi, jangan diberikan lagi ke anak setelah 2 jam, karena ini sangat rawan oleh kontaminasi bakteri dan jamur dalam susu.
Tags :

0 Response to "Anak Alergi Karena Susu Formula"

Post a Comment