Perawatan Payudara Agar ASI Banyak

produksi asi
Saat masa kehamilan kebanyakan calon ibu lupa dengan apa yang seharusnya dilakukan supaya nanti setelah melahirkan semuanya berjalan lancar. Salah satu diantaranya adalah masalah ASI.
Banyaknya air susu dan bagusnya kualitas susu harus dibentuk sejak masa kehamilan. Menjadi hal yang salah jika kita berfikir bahwa air susu yang baik didapatkan begitu saja setelah bayi lahir. Semua itu telah diproses sejak masa kehamilan. Saat perawatan pada masa kehamilan kurang tak jarang ketika bayi sudah lahir air susu tidak keluar.
Untuk itu perlu diperhatikan hal-hal berikut ini agar memperoleh air susu yang banyak :
  1. Pada masa kehamilan perawatan payudara menjadi hal yang sangat penting. Karena ASI dihasilkan dari payudara. Perawatan ini dimaksudkan untuk merangsang kelenjar susu agar memproduksi air susu yang banyak. Diusia kehamilan 1-3 bulan memijit puting susu secara perlahan dapat membantu puting susu menonjol keluar. Selanjutnya diusia 4-9 bulan perawatan bilakukan dengan memijit payudara minimal 10 menit per hari dengan minyak kelapa. Jika ini dilakukan maka bisa merangsang kelenjar susu agar berproduksi dan juga bisa membersikan kotoran yang mungkin ada pada payudara dan puting susu. 
  2. Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Hindari mengkonsumsi makanan instan atau makanan yang banyak bahan kimianya. Makanan yang berprotein tinggi juga harus dikonsumsi. Selalu konsumsi sayuran dan buah. 
  3. memperbanyak air susu ibu
  4. Mengkonsumsi susu khusus ibu hamil juga bisa membantu produksi air susu yang banyak. Karena susu ibu hamil banyak mengandung zat-zat mendukung kerja payudara. Sehingga setelah melahirkan, air susu yang diproduksi bisa keluar banyak dan bagus
Tags :

0 Response to "Perawatan Payudara Agar ASI Banyak"

Post a Comment