Kesalahan yang Bisa Bahayakan Anak

Mendidik Anak
Saat buah hati bunda hadir di tengah-tengah keluarga, perasaan bangga, bahagia dan cemas pasti bercampur aduk dalam hati. Sangat membanggakan memang saat kita menjadi orangtua baru. Dan sudah tentu ayah dan bunda inginkan si kecil mendapatkan yang terbaik. Terkadang, kita sebagai orangtua baru masih terkaget-kaget saat melihat kebiasaan si kecil. Bukannya memberikan yang terbaik, bisa jadi bunda malah melakukan kesalahan.  Berikut ini beberapa kesalahan yang biasa dialami orangtua batu beserta solusinya. Semoga bermanfaat Bun…

Khawatir tentang Menangis
Saat si kecil menangis adalah merupakan sinyal. Jangan panik jika jika si kecil menangis, lihat apakah si kecil haus, lapar, ngompol atau buang air besar. Namun, jika dalam satu jam bayi tak kunjung diam setelah ditenangkan, mungkin ada hal yang membuat bayi bunda tak nyaman. Segera berkonsultasi dengan dokter anak.

Melupakan Perawatan Mulut
Walaupun masih bayi dan belum memiliki gigi, mereka tetap memerlukan perawatan mulut.  Gunakan kain bersih berbahan lembut dan usapkan dengan lembut pada gusi bayi. Hindari memberi susu dengan botol di tempat tidur. Karena botol bisa merusak rongga mulut. Saat bayi sudah mulai tumbuh gigi, gunakan sikat gigi lembut untuk membersihkan giginya.

Merusak Waktu Tidur Bayi
Bayi yang baru lahir akan lebih banyak tidur dibandingkan terjaga. Baik siang maupun malam. Tidak dianjurkan untuk membangunkan bayi secara paksa. Biasanya bayi akan bangun sendiri jika menginginkan ASI atau merasa lapar. Kebiasaan bayi yang mengkonsumsi ASI, akan tidur sepanjang malam, dan akan terbangun saat membutuhkan ASI. Jadi, jangan pernah mengganggu waktu tidur si kecil dengan cara membangunkannya. Biarkanlah ia tidur dan bangun sendiri.

Bertengkar dengan Pasangan di Depan Anak
Dalam urusan mengurus anak, ayah dan bunda adalah sebuah patner. Untuk itu selalu usahakan, apapun keputusan yang diambil untuk sang bayi hendaknya merupakan keputusan bersama. Dan jangan pernah berdebat di depan si bayi. Kebanyakan bayi akan stress saat melihat orang tuanya bertengkar. Walaupun masih bayi tetap bisa mengalami stress.

Mudah Panik
Ibu baru biasanya mengkhawatirkan bayinya saat sang bayi menangis, terlalu banyak buang air dan muntah. Jika hal itu terjadi, jangan langsung panik, bunda…
karena setiap bayi pasti mengalami kondisi-kondisi tersebut.Yang patut bunda khawatirkan adalah saat hal-hal tersebut terjadi dalam jangka waktu yang lama dan terus menerus. Sebelum kondisinya makin parah, sebaiknya segera dikonsultasikan ke dokter.
Tags :

0 Response to "Kesalahan yang Bisa Bahayakan Anak"

Post a Comment