Mengajar Bayi Bicara

Mengajari Bicara
Bayi dan anak – anak akan belajar mengucapkan kata – kata dan kalimat dari apa yang ayah bunda ucapkan. Mengajak bayi bicara akan merangsang mereka dalam mengenal kata dan kalimat. Jika ayah dan bunda ingin sang bayi cepat pandai bicara, maka ajarkan sejak dini. Bahkan ajaklah bicara sejak ia lahir. Walaupun si anak seolah tak mengerti dengan yang kita bicarakan, akan tetapi meraka mulai belajar mengucapkan kata dan kalimat dari yang kita ucapkan. Berikut ini ada tips bagaimana mengajarkan bayi bicara.


Kapan bayi mulai bicara?
Perlu diketahui bahwa bayi jarang berbicara sebelum usia 2 tahun, walaupun ada sebagian bayi yang sudah lancar berbicara sebelum usia 2 tahun. Namun bayi mulai berbicara sebelum usia dua tahun dan yang bisa sikatakan baru satu atau dua kata. Dan ada pula bayi yang sudah pandai mengungkapkan berbagai kata di bawah dua tahun.

Usia dua tahun adalah rata-rata bayi mulai pandai bicara. Namun, belum sampai dalam taraf  pandai bicara dalam kalimat. Sang bayi pandai berbicara dalam kata-kata tunggal.
Maka saat mereka mengatakan “mama” atau “papa”, mereka tahu panggilan ini khusus untuk orang tuanya. Saat mereka berkata “da-da” mereka juga tahu apa arti kata yang diucapkannya.

Ajak bayi berbicara sesering mungkin
Sebagai orang tua, kita tidak harus ‘bekerja’ keras dalam mengajarkan bayi bicara. Kita hanya perlu mengajaknya berbicara tentang hal-hal disekeliling kita sesering mungkin. Hal ini, akan merangsang sang bayi mengenal berbagai kata. Dan akhirnya meraka mengucapkan kata-kata dengan menirukan kita.

Anak-anak akan cepat menyerap informasi dengan melihat yang orang lain lakukan dan akan mencoba menirunya. Kata-kata yang sering didengar juga akan mudah mereka tirukan. Untuk itu, kita sebagai orang tua harus berhati-hati dalam berucap di depan anak kita. Selalu ucapkan kata-kata yang baik-baik, agar lisan sang anak juga berucap yang baik.

Bukan hanya mengajaknya berbicara, mengajaknya melakukan sesuatu dengan memberikan perintah singkat juga akan merangsang otak sang anak berfikir tentang apa yang harus dilakukannya. Bayi juga akan memahami apa yang kita maksud, dengan isyarat saja tanpa kata.

Saat si kecil tak kunjung bicara
Ada sebagian anak yang lebih maju dari yang lainnya, namun ada pula yang lebih lambat dari yang lainya. Jika anak anda tidak kunjung mulai berbicara pada usia dua tahun, maka bersabarlah dan teruslah berusaha.
Diskusikan masalah tersebut dengan dokter kepercayaan anda, apakah ada alasan perkembangan anak atau alasan medis yang menyebabkan bayi anda tak kunjung berbicara. Mungkin dokter anda akan menyarangkan anda untuk membawa bayi anda kepada ahli terapi bicara sebagai bantuan. Semoga kita berhasil mengajarkan anak-anak kita dengan kata-kata yang baik, sehingga berimbas pada tingkah lakunya yang baik pula.
Tags :

0 Response to "Mengajar Bayi Bicara"

Post a Comment